APAKAH IKAN PERNAH TIDUR?

By : Niagara Gagarin

Yang pasti, ikan tidak pernah menguap. Anda membutuhkan paru-paru dan diafragma untuk melakukan kegiatan itu. Namun, tidur? Itu tergantung bagaimana persepsi tentang tidur. Jika Anda mengartikan bahwa tidur adalah menutup kedua mata Anda, ikan tidak tidur karena ikan tidak punya kelopak mata.

Namun, ikan dapat mengembalikan tenaga dengan beristirahat. Para ilmuwan mengukur tidur dengan melihat gelombang di otak. Mereka tahu kapan ikan tidur karena mereka dapat melihat gelombang otak ikan dan frekuensi gelombang akam melambat saat ikan jatuh tidur.

Beberapa ikan berdiam diri di sekitar kayu-kayuan atau batu-batuan sehingga mereka tampak seperti tidur. Beberapa hiu tetap bergerak meskipun sedang beristirahat karena cara bernapas mereka mengharuskan mereka mendorong air melalui insang. Menurut pandangan manusia, tidak satu pun cara ini terdengar seperti istirahat. Sebagai tambahan : Dolphin (lumba-lumba) tentu saja merupakan mamalia dan BUKAN IKAN dapat “mematikan” setengah dari otaknya dan mengistirahatkannya, dan setengah otaknya lagi cukup tangkas untuk menghindari jenis istirahat seperti ini, yang dinamakan “Unihemispheric deep sleep.” Tidur disini tidak sama dengan standar kita meskipun beberapa spesies dolphin mengganti tidur 7 jam per hari dengan “tidur ayam” dengan setengah otaknya hanya selama 60 detik!

Dolphin (lumba-lumba) tidak hanya “bangun” untuk menghindar dari predator. Mereka harus tetap muncul ke permukaan setiap kali untuk bernafas meskipun mereka memuntahkan kembali. Lumba lumba muda harus ke permukaan setiap 2 menit sekali, sedangkan lumba-lumba dewasa dapat bertahan sampai 10 menit.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *