Berbahayanya Rokok

By Aditya Agni

Siapa yang tidak mengenal ROKOK ?,

Sudah banyak sekali sekarang kita mengetahui bahayanya mengisap zat adiktif, selain kita membakar uang kita juga dapat merugikan diri sendiri, mungkin tidak sekarang dampak yang terlihat pasti masa yang akan datang akan sangat terlihat dampak dari merokok itu sendiri, contoh yang sering kita temui di masyarakat atau lingkungan sekitar , yaitu pada seorang laki-laki dan seorang pelajar banyak dari meraka memiliki dada yang sudah memerah, karang gigi yang akan menguning, bahkan aroma mulut yang tidak sedap dihirup. Hal itu banyak sekali masyarakat yang tidak peduli tentang seberapa bahayanya merokok tersebut, bahkan sampai terdapat iklan bahayanya merokok.  Beberapa bahaya merokok. Rokok yaitu tembakau yang dibalut atau diselimuti dan  berukuran panjang antara 70 mm hingga 120 mm dengan diameter 10 mm. Rokok dibakar pada satu ujungnya dan dibiarkan membara atau menyala agar asapnya dapat dihirup melalui mulut seseorang pada ujung yang tidak dibakar dengan rasa yang manis.Kebiasaan merokok telah menjadi budaya diberbagai negara dibelahan dunia.

Dari segi kesehatan. Rokok mendatangkan kesan buruk terhadap kesehatan tubuh badan yang disebabkan oleh bahan kimia zat aditif yang berbahaya dalam asap rokok. Asap rokok yang dihirup atau diisap oleh perokok atau mereka yang berada di sekelilingnya akan memasuki rongga mulut dan hidung melalui kerongkong ke paru-paru. Kandungan asap rokok akan menyebabkan kerusakan disepanjang perjalanan di ruang didalam tubuh. Antara lain ialah mengurangi fungsi otak yang disebabkan oleh gas karbondioksida CO2 dan pengurangan oksigen O2 dari asap rokok tersebut. Selain itu, menghisap rokok dapat mengganggu pendengaran dan penglihatan karena dapat mengurangi kadar pengaliran darah ke seluruh tubuh. Perokok selalu mempunyai nafas yang berbau dan mudah mendapat penyakit mulut dan gusi serta gigi menjadi kuning, serta karang gigi yang menumpuk. Mereka yang merokok juga akan menghadapi kesulitan untuk bernafas dan mudah merasa letih apabila melakukan sesuatu pekerjaan terutamanya berolahraga. Merokok dapat membahayakan kesehatan diri karena bahan-bahan kimia yang terkandung didalam rokok yang dapat mengurangi fungsi sekaligus merusak organ didalam tubuh kita. Sebagai contoh, nikotin yang ada didalam rokok dapat menyebabkan kecanduan sekiranya menghisap rokok secara berulang kali. tetapi, tembakau dapat mengakibatkan penyakit jantung dan darah. Terdapat kurang lebih 63 bahan kimia yang terdapat didalam rokok yang akan menyebabkan kanker paru-paru, kanker mulut, dan payudara. Penghisap rokok akan menghidap penyakit strok, penyakit mulut dan gusi, osteoporosis, mandul dan penyakit paru-paru seperti asthmadan bronkitis ( jangkitan pada paru-paru) berikut penjelasan beberapa penyakit:

  1. Kanker 

Kanker adalah suatu penyakit ganas yang menakutkan, bahkan belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ganas ini. Salah satu penyebab kanker adalah merokok. Sudah banyak terjadi yang terkena kanker paru-paru yang diakibatkan merokok aktif.

  1. Jantung 

Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang tetinggi di Indonesia. Perokok aktif memiliki 2 sampai 4 peluang lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner. Merokok dapat memberikan 2 kali lebih besar untuk terkena stroke dan merokok dapat menyempitkan pembuluh darah arteri sehingga dapat mengurangi sirkulasi darah, akibatnya perokok dapat 10 kali peluang terkenanya penyakit penyempitan pembuluh darah, serta juga mengakibatkan imptensi atau ereksi.

  1. Gangguan Janin 

Untuk hal ini pemerintah sudah mengingatkan pada iklan dan bungkus rokok bahwa bahayanya rokok untuk wanita khususnya ibu hamil. Bahaya yang diakibatkan oleh seorang wanita perokok, yaitu kemandulan, kematian janin, keguguran, berat yang rendah saat lahir, sehingga syndrom bayi yang mengakibatkan kematian.

  1. Gangguan Pernapasan 

Merokok sangat erat sekali dengan gangguan pernapasan. Resiki yang dapat menimbulkan seorang perokok, yaitu terkena paru kronis.

Jadi, Merokok merupakan suatu yang harus kita hindari. Kenapa demikian, karena rokok bisa membuat kita mendapatkan penyakit berbahaya dan juga kita bisa terancam dengan kematian. Kalau rokok masih di perjual belikan bagaimana dengan generasi indonesia selanjutnya. Seharusnya kita sebagai bangsa indonesia harus sadar bahwa  merokok adalah hal yang berbahaya bagi semua kalangan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *