Manfaat Alang – Alang Tanaman Liar Bagi Kesehatan Tubuh

By : Indah Nia Muslina

Alang – alang merupakan rumput liar, yang mudah tumbuh di tempat –tempat yang sering di tumbuhi tanaman liar lainnya. memiliki nama latin Imperata cylindrical termasuk dalam family Panicoideae yang sering dijumpai di area pertanian dan juga merupakan tanaman pengganggu atau gulma.

Cara bertumbuh tanaman ini adalah dengan mengandalkan hembusan angin, kemudian benih – benih alang- alang tersebar daru hembusan tersebut, setelah itu benih yang terbawa arus angin akan menjadi tanaman bibit baru.

Namun alang- alang tidak suka tumbuh di tanah yang gersang / berbatu –batu, alang- alang akan berkembang biak dan tumbuh dengan cepat di tanah yang subur, sedikit lembab , tanaman ini juga bisa tumbuh di tanah yang agak kering namun media tanah tidak berbatu , melainkan tanah gembur, ( tanah merah ) , banyak masyarakat yang dengan cepat mengetahui tanaman ini namun sangat kurang mengetahui kandungan dan manfaat yang terkandung dalam rempah ini.

Meski tumbuh sebagai tanaman parasit yang mengganggu tanaman didekatnya, namun ternyata manfaat alang-alang bagi kesehatan banyak yang berguna, salah satunya dengan akarnya.

Sejak dahulu masyarakat menggunakan akar alang – alang sebagai jamu tradisional, namun dengan berkembangnya zaman, rumput alang – alang saat ini diproduksi secara massal oleh perusahaanperusahaan kesehatan. Rumput alang-alang ini dijadikan obat Herbal yang sudah melewati uji klinis dan melalui proses pembuatan yang memenuhi standar BPPOM agar lebih mudah untuk dikonsumsi, dan diharapkan masyarakat dapat menerima manfaat dan khasiat secara langsung dari rempah tanaman rumput alang- alang.  Adapun manfaat dari obat-obatan terbuat alang-alang sebagai berikut:

  1. Obat Mimisan

2. Ampuh Obati Radang Ginjal

3. Atasi Kencing Darah

4. Sebagai Obat Radang Hati

5. Sebagai Obat Tekanan Darah Tinggi ( Hipertensi )

Kandungan Ilmiah Akar Alang-alang

Hasil penelitian tentang tanaman ini menyebutkan bahwa ada kandungan manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, dan logam alkali. Dengan kandungan-kandungan itu, alang-alang bersifat antipiretik (menurunkan panas), diuretik (meluruhkan kemih), hemostatik (menghentikan pendarahan), dan menghilangkan haus. Pengobatan Cina tradisional menyebutkan, alang-alang memiliki sifat manis dan sejuk.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *