Sekolah Impian Masyarakat

By : Niagara Gagarin

Sekolah merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa sekolah merupakan salah satu tempat bagi para siswa untuk menuntut ilmu.  Melihat kenyatannya hingga sekarang sekolah masih dipercaya oleh sebagian besar masyarakat sebagai salah satu tempat untuk belajar, berlatih kecakapan, menyerap pendidikan, mengasah kemampuan anak, dan membantu proses mendewasakan anak.

Sekolah pada umumnya terbagi menjadi beberapa tingkatan mulai dari sekolah Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA). Sekolah-sekolah tersebut merupakan sekolah biasa yang menjadi tempat untuk seseorang mengenyam pendidikan. Selain sekolah tersebut masih ada sekolah tingkatan lanjutan lainnnya seperti perguruan tingi ataupun Universitas. Di Indonesia pendidikan dasar yang harus dimiliki seseorang adalah pendidikan tingkat dasar, yaitu Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun masih banyak orang Indonesia  yang tidak dapat bersekolah walaupun hanya sampai tingkat dasar. Mereka tidak memiliki biaya untuk bersekolah, karena untuk masuk sekolah formal dibutuhkan pakaian seragam, buku serta alat tulis, dan perlengkapan sekolah lainnya. Kebanyakan mereka hanya mampu bersekolah pada tingkat sekolah dasar saja, untuk melanjutkan ke tingkat menengah mereka masih merasa belum siap dan belum mampu.

Sekolah-sekolah di atas merupakan sekolah formal, sekolah formal adalah sekolah yang memiliki tingkat pembelajaran yang sama dan di sekolah tersebut memiliki guru sebagai pendidik dan murid sebagai penerima pendidikan. Sekolah formal pada umumnya memiliki banyak siswa, siswa tersebut di didik oleh para guru, siswa tersebut wajib mentaati peraturan sekolah.

Sekolah formal terbagi menjadi dua, yaitu Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Sekolah Negeri yaitu sekolah yang di kelola oleh pemerintah sedangkan Sekolah Swasta adalah sekolah yang di kelola oleh perorangan ataupun lembaga-lembaga tertentu.

Telah kita ketahui, pendidikan dasar di Indonesia sudah dibebaskan dari biaya perbulan atau SPP. Namun hanya Sekolah Negeri saja yang dibebaskan dari biaya oleh pemerintah, walaupun begitu masih banyak masyarakat yang lebih memilih untuk menyekolahkan anaknya di Sekolah Swasta yang masih memungut biaya perbulan. Mereka menganggap Sekolah Swasta ataupun Sekolah Negeri itu sama saja.

Sekolah juga menjadi tempat para siswa untuk mengembangkan bakat dan prestasi, tempat mereka mencari dan mendapatkan teman. Lingkungan sekolah yang baik dapat menciptakan siswa yang baik pula. Dapat menciptakan bakat serta prestasi yang ada. Pendidikan sekolah yang tinggi dapat menjadikan seseorang menjadi orang yang lebih baik, mereka bisa mendpatkan pekerjaan yang mereka inginkan. Nilai-nilai moral juga bisa kita dapatkan di sekolah, kita di ajarkan untuk selau berbuat baik, belajar saling membantu maupun tolong menolong, serta membiasakan seseorang untuk berperilaku jujur. Sekolah yang seperti ini lah yang tentu saja menjadi sekolah impian masyarakat.

Masyarakat yang tidak mampu untuk bersekolah juga memiliki keinginan untuk mendapatkan sekolah impian agar mereka juga dapat bersekolah seperti yang lainnya. Terutama untuk masyarakat yang kurang mampu, namun mereka memiliki prestasi yang sama dengan anak yang mampu untuk bersekolah. Mereka ingin tetap bersekolah, meujudkan cita-cita mereka.

Sudah selama hampir 7 tahun, pemerintah memberikan dana Bantuan Operasional Sekolah ( BOS) untuk sekolah tingkatan dasar SD dan SMP. Untuk seluruh masyarakat Indonesia bagi yang mampu ataupun yang kurang mampu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi angka kebodohan serta kemisikinan di Indonesia, pemerintah tentu saja berharap dengan adanya hal ini masyarakat Indonesia khususnya yang kurang mampu dapat mengenyam pendidikan dasar sampai tingkat SMP.

Sekolah impian masyarakat tidak hanya di pilih hanya karena prestasinya yang baik namun juga dipilih karena sekolah tersebut bersih, rapih, aman, dan nyaman sehingga menjadi sekolah yang dicari oleh para orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Orang tua yang baik tentu saja menginginkan sekolah yang terbaik untuk anaknya. Namun hal itu kembali lagi kepada diri anak masing-masing, jika ia ingin menjadi orang yang sukses, sekolah seperti apa saja tentu saja tidak akan mempengaruhi prestasi yang ia miliki.

Sebaiknya juga sekolah yang baik tentu saja sekolah yang mampu mengasah dan mengembangkan bakat prestasi siswa. Mempunyai fasilitas yang lengkap ataupun memadai, memiliki sistem belajar dan pengajar yang baik, kreatif dan inovativ agar dapat menciptakan sekolah yang benar-benar bisa menjadi sekolah impian masyarakat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *